Pertemuan 7 - Pembangunan

Menurut Rostow, pembangunan merupakan segala sesuatu yang terus maju dimulai dari satu tahap primitive ke tahap yang lebih maju. Pembangunan merupakan suatu tahap perubahan menuju arah yang lebih baik yang akan terus terjadi dan tidak akan berhenti. Pembangunan itu sendiri tentunya akan melibatkan banyak pihak dan akan memiliki dampak yang sangat luas

Pembangunan itu sendiri memunculkan adanya sebuah unsur yang tidak akan terlepaskan, yakni modernisasi. Kemajuan dan perkembangan dari suatu pembangunan tentunya akan mengakibatkan terjadinya modernisasi. Kemudian, modernisasi itu sendiri memiliki akibat tersendiri, yakni munculnya westernisasi yang menjadikan orientasi politik luar negri, di mana terbentuklah Negara maju, Negara periphery dan semi periphery. Sehingga kapitalisme terbentuk di Negara-negara tersebut. Negara yang mampu berjalan seiring dengan perkembangan dan modernisasi akan mampu bertahan dan bersaing, sedangkan Negara yang tertinggal untuk mengikuti perkembangan dan modernisasi menjadikan Negara tersebut dikuasai oleh Negara maju. Pembangunan itu sendiri tidak hanya berakibat luas antar Negara, tetapi juga memberikan dampak di pola konsumsi masyarakat itu sendiri. Munculnya pola hidup konsumerisme mengakibatkan masyarakat sering berusaha untuk membeli barang-barang yang branded. Hal ini secara tidak sadar tentunya malah akan menguntungkan Negara maju yang memproduksi barang tersebut, masyarakat lebih tertarik untuk membeli barang-barang produk luar negri ketimbang membeli barang produk negaranya sendiri.

Dalam upaya pembaharuan, McQuail (1987:97) prinsipnya menyatakan bahwa media paling baik digunakan secara terencana untuk menimbulkan perubahan dengan menerapkan pola pembangunan berskala besar. Media khususnya media massa memiliki dampak yang sangat luas dan kuat bagi masyarakat. Media memiliki kemampuan untuk mempengaruhi masyarakat untuk melakukan apa yang semestinya dilakukan sesuai dengan fakta-fakta dan bukti yang disajikan. Media memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam mempengaruhi pola pikir masyarakat. Tidak hanya itu, media juga memiliki kemampuan untuk meraih dan menjangkau masyarakat dalam jumlah yang banyak dan sangat luas, sehinga tidak heran jika dampak yang dihasilkan oleh media menjadi sangat kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger